Feabhra 27, 2008

Berapa "rupiah" Nilai Perpustakaan Anda?



Perpustakaan, sampai sekarang masih dikenal sebagai non profit alias tidak mencari untung. Bilapun perpustakaan mengambil beberapa rupiah dari anggota dan pengunjungnya maka nominal yang didapatkan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan lembaga pemilik perpustakaan tersebut dalam membangunnya hingga menjadi layak pakai.

Kadang, keadaan seperti itu membuat penghargaan pengunjung perpustakaan berkurang dan memperlakukan koleksi di dalamnya dengan semena-mena tanpa menyadari harga koleksi tersebut sebenarnya. Mungkin salah satu solusinya agar pengunjung menghargai apa yang ada di dalam perpustakaan adalah dengan memajang nilai nominal perpustakaan tersebut.

Bukan...bukan bujet tahunan yang saya maksud, namun nilai dari "content" perpustakaan yang bersangkutan. Misalnya, berapa rupiah nilai nominal dihitung dari perputaran sirkulasi koleksi perpustakaan, nilai rupiah dari banyak dikitnya pengunjung perpustakaan bahkan lamanya durasi yang dihabiskan oleh pustakawan untuk melayani pemakai perpustakaan....bayangkan itu!

Saya menemukan sebuah tool sederhana oleh "The Chelmsford (MA) Library" yang cukup menarik. Di sini anda bisa menemukan berapa itungan kasar berapa sebenarnya nominal perpustakaan. Sebut saja, sebuah perpustakaan kecil dengan koleksi 6000 buku 50-an judul majalah, 100 Audio Visual dan tanpa pelayanan khusus. Maka nilai perpustakaan tersebut adalah ...US$ 75958.45 dikali Rp. 9000 = Rp. 683.626.050 atau enam ratus delapan puluh tiga juta enam ratus dua puluh enam ribu lima puluh rupiah.

Kasus ditutup....... !!!

Ingin menghitung sendiri nilai perpustakaan anda? klik saja url di bawah ini.
http://www.chelmsfordlibrary.org/library_info/calculator.html

Sumber foto
http://pro.corbis.com

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home