Lúnasa 09, 2006

Universal Soldiers


Judul di atas diambil dari sebuah film yang sampai sekarang masih sering di putar pada pelbagai stasiun televisi swasta kita. Sosok prajurit yang di program untuk menjadi mesin pembunuh mirip robot. seru memang bagaimana mereka (tokoh dalam film tersebut) dilengkapi dengan beragam peralatan canggih untuk mendukung aksinya, dari persenjataan manual seperti pisau sampai yang berbau teknologi abad-21 dan berhubungan langsung pada program komputer.

Namun ternyata apa yang kita lihat dalam film itu, tidak sulit untuk dibayangkan saat ini. Berbagai macam perkembangan teknologi perang yang dikembangkan oleh manusia (baca=bangsa-bangsa barat) menjadi sebuah kemajuan teknologi yang mana sulit dibayangkan beberapa dekade lalu. Kombinasi antara IT, keamanan dan ketepatan menjadi satu, perlbagai alat dan kombinasi yang pada beberapa tahun lalu musti membawa satu buah mobil dalam memuatnya kini dapat di muatkan dalam tubuh satu orang tengtara saja, bahkan hampir-hampir tidak terlihat karena menjadi satu pada seragamnya.

FIST
Ambil contoh FIST - Future Infantry Soldier Technology, yang dikembangkan oleh Kerajaan Inggris. Tengtara tidak lagi hanya membawa senjata dan perlengkapan bertahan hidup sederhana (pernah merasakan biskuit buatan ABRI?). Tapi juga dilengkai oleh GPS (Global Positioning System) yang mana tentunya selain berguna mengontrol posisi seorang tengtara dalam peperangan juga memudahkan apabila diperlukan misi penyelamatan. Selain GPS juga pada seragamnya di lengkapi bluetooth yang berfungsi dalam menghubungkannya dengan peralatan laen yang dibawa oleh sang tengtara.

Satu lagi terobosoan baru yakni helm yang tidak lagi hanya sebagai pelindung kepala dari serempetan-serempetan peluru. Tetapi juga dapat mendisplay kondisi peperangan serta target ;

"An integrated helmet will provide ballistic protection and an interface to other elements of the battlefield network. The helmet-mounted display can show the battlefield situation, with wearer's position, positions of friendly and hostile troops and equipment and prioritised targets, as well as the downloaded imagery from his weapon sight."

Nah tuh terjemahin sendiri dah...Btw, FIST ini akan menjadi perlengkapan standar tengtara Inggris dari 2006 sampai dengan 2036.

FIST


IDZ (INFANTERIST DER ZUKUNFT)

Satu lagi perlengkapan tengtara yang dikembangkan oleh negara Eropah, yakni Jerman. Favorit saya di antara buatan Inggris dan nanti yang akan kita bahas sedikit yaitu Amerika. Kenapa? karena selaian juga dilengkapi dengan GPS tengtara jerman ini juga di bekali sebuah pelindung dada anti peluru, anti senjata kimia/biologi dan yang paling mantab adalah juga memiliki perlindungan dari radiasi nuklir.

Saya jadi teringat film predator yang di bintangi oleh Arnold Skehewes ewes yang mana di sana dia duel melawan satu mahluk asing bertenaga nuklir. Mahluk asing tersebut juga memiliki kekeran panas tubuh, yaitu dapat mendeteksi adanya objek hidup hanya dengan mencari radiasi panas tubuh musuhnya. Tetapi lucunya, duel yang berlokasi di tengah hutan tersebut si mahluk asing tidak kebingungan mendeteksi panas tubuh buruannya, karena walaupun di hutan itu ada beribu ribu spesies binatang berkeliaran (yg nota bene pasti dong mengeluarkan radiasi panas) Si mahluk asing tersebuh masih bisa focus mencari si Arnold Skehewes ewes itu tadi.

Eniwe, balik ke soal seragam standar tengtara jerman. Walaupun masih dalam tahap pengembangan namun dua protaip dari sistem IDZ pernah di ujicoba pada tahun 2002 di Prizren, Kosovo. Diperkirakan pada sekitar tahun 2005 dan 2007 versi pertama dari IDZ sebanyak 1600 buah akan dipergunakan pertama kalinya secara masal oleh tengtara Jerman.

Selain beberapa kelebihan sistem IDZ di atas, pasukan tengtara Jerman juga dilengkapi dengan Senjata tambahan yaitu Dynamit Nobel Panzerfaust 3 peluncur roket anti-tank dengan Dynarange computing sight (please seseoarang memberikan penjelasannya), Heckler & Koch rifle mounted AG36 40mm peluncur granat, Heckler & Koch 5.56mm MG4 senapan mesin ringan dan Heckler & Koch MP7 senjata personal defence. Termasuk alat pembantu penglihatan (kekeran bahasa kerennya) the Victronix Vector IV target acquisition dan laser range finding binoculars, Zeiss handheld thermal sights, and the Zeiss AN/PAS-13(V) lightweight thermal camera weapon sight.

phuiiiih...ingat kita bukan sedang main game dengan prajurit perang-perangan loh....tp ini prajurit perang beneran.


LAND WARRIOR - INTEGRATED MODULAR FIGHTING SYSTEM

Pada intinya samalah dengan dua negera diatas yaitu Amerika mencuba menghadirkan tengtara yang lebih canggih dan tangguh dalam berperang. Juga mengkombinasikan kemajuan TI dalam peperangan.Yang cukup unik adalah sistem ini menggunakan juga komputer dengan Windows 2000 bertanaga 500MHz Intel Strong Arm processor. The battlefield software diinstal dalam komputer. Data sensor juga di download ke dalam komputer.

Untuk lebih jelasnya tentang Land Warrior yang rencanya akan mulai digunakan pada tahun 2007 ini bisalah anda mengklik SUMBER di bawah postingan saya ini.



Kita
Bagaimana dengan kita? tidak ada maksud apa apa saya memposting tentang kehebatan pasukan/tengtara negara-negara barat. Namun saya teringat akan sebuah ayat

"Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)." (Al-Anfaal: 60)."

Baca kalimat "kamu menggentarkan musuh Allah", artinya kita diharuskan bersiap sungguh-sungguh termasuk dalam halnya teknologi2 yang mungkin kita kembangakan sendiri tanpa harus bergantung pada dunia lain. Saat saya berkunjung ke situs Pindad ada rasa bangga juga walau sedikit di mana ternyata kita telah mampu mengembangkan senjata-senjata yang walaupun masih jauh dibandingkan negara-negara maju.

Namun begitu ada satu senjata yang bahkan 1000 nuklir tidak akan mampu mengalahkannya, yakni...keimanan. Jadi, sudah siapkah kita?


Sumber
PINDAD
LandWarrior
FIST
IDZ

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home