Bealtaine 21, 2004

Doa...

Bila seseorang berdoa kepada Allah SWT meminta ini dan itu, tapi tidak dikabulkan, sebenarnya ada beberapa kemungkinan.

1. Permohonan itu ditolak sama sekali dan tidak didengarkan. Mungkin karena orang itu bergelimang dengan dosa dan kemungkaran. Bagaimana dia bisa menadahkan tangan ke langit dan mulutnya berkomat kamit, sementara makanannya haram, pakaiannya haram dan hidup dari barang yang haram ?

2.Doa itu dikabulkan tapi pelaksanaannya ditunda dengan alasan yang pasti bagusnya, namun mansia belum tentu merasakannya. Kecuali bila telah terjadi.

3. Doa itu diterima namun digunakan untuk membayar dosa-dosa yang ada. Sebab doa itu mendatangkan pahala, lalu pahala itu digunakan untuk menebus dosa-dosa yang melekat pada seseorang tanpa disadarinya.

4. Doa itu diterima tapi digunakan untuk menolak bala dan azab di dunia ini. Barangkali yang seharusnya celaka karena suatu hal menjadi aman-aman saja berkat sering berdoa.

Maka bagi seorang muslim, Allah SWT telah memerintahkan berdoa meski belum terasa ada jawabnnya. Sebab jangankan kita manusia biasa, seorang nabi sekalipun bisa berdoa sepanjang hidupnya dan tidak langsung dikabulkan. Masak kita yang hanya manusia biasa inginnya cepet-cepet ?

kutipan dari sini

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home