Feabhra 27, 2008

Filosofi Sebuah Status...YM


Beberapa hari ini saya baru menyadari sebuah nasehat yang pernah meluncur dari seorang ustadzah. Katanya "hidayah itu ada di mana-mana hanya saja kadang manusia terlalu sombong untuk menerimanya", banyak faktor memang bagaimana seseorang mendapatkan hidayah ada dengan cara yang rumit dan berliku-luku bahkan nyawa menjadi taruhannya, ada juga yang semudah menjetikkan jari tiba-tiba tertimpa hidayah.

Namun tembok terbesar yang memisahkan hidayah dengan manusia adalah kesombongan. Yah, mereasa lebih, tepatnya entah merasa lebih pintar, lebih kaya secara materi, lebih tua....bahkan lebih besar badannya. Sejatinya sombong memang mutlak milik Allah SWT tidak ada hak bagi mahluk ciptaannya ini yang disebut manusia untuk sombong, namun ntah kenapa kesembongan sepertinya lebih lengket dari permen karet di hati manusia.

Tadi pagi saya baru saja sadar, ini bukan tentang kesombongan, ternyata buat saya yang hampir setengah dari harinya dihabiskan di depan komputer selama ini selalu di bayangi-bayangi sebuah permata yang luar biasa. Bukan harta atau emas namun nasehat dan masukan-masukan yang luar biasa...

"75% mencapai tujuan adalah karena proses yang tidak bertahap" atau "put your goals high, and never stop until you get there" menurut anda dari buku manajemen mana saya mengutip kalimat tersebut? anda salah bila percaya itu saya ambil dari buku-buku tebal. Kalimat di atas saya kopas dari setatus YM seorang teman.

Yak, permata yang saya maksud dalam dua paragraf di atas adalah status YM, percaya atau tidak ada saja kalimat-kalimat "dalem" atau nasehat-nasehat bahkan doa'a di dalamnya, ya seperti ini misalnya.... "Ya, Allah bukakanlah takdir baikku dan jauhkanlah takdir burukku.." dan ini "Ya Allah....Ya Rohman...Ya Rahim...kabulkanlah permintaan hamba-hambaMu ya Allah...amin" setalah membacanya saya memang cuman bisa bilang...amin.

Namun tidak semua mengandung kalimat "dalem"...yah namanya juga YM ada saja manusia-manusia "radikal bebas" yang memberikan status YM terserah mereka namun hampir bisa dipastikan kalau tidak menggambarkan suasana hatinya paling tidak situasi yang sedang mereka alami....daaaan tentunya hampir bisa ditebak, apa profesi mereka.

Coba tebak profesi pemilik status ini "Coding" Nggak pusing...nggak nyeni"...yak betul dia org IT, bagaimana dengan mood orang ini pasti lagi puyeng begitu juga dengan kawan saya yang berstatus "Byk dead line hiiiksss ;-(" (maksudnya :banyak deadline) apalagi bekas teman kuliah saya yang berprofesi sebagai wartawan berstatus "inetna erororjring, erororjring, erororjring!" puyengnya lebih-lebih sepertinya.

Dan saya bisa langsung menebak bahwa salah seorang teman saya baru saja membaca Laskar Pelangi ketika YMnya bersatus "Sure lof, it's Edensor..." ah basi Kang...ke mana aza kok baru baca sekarang hehehe. Teman saya yang baru saja melepaskan status lajangnya beberapa minggu lalu memasang status di YMnya "All that I am, all that I ever was, is here in your perfect eyes, they're all I can see" walaupun saya tidak begitu mengerti namun tetap saja gimana yah...datang dari pengantin anyar gitu looo.

Kadang status YM hanya menjadi ajang lucu-lucuan yang membat pembacanya tersenyum simpul walau seringnya bersifat personal dan yang kenal saja yang dapat mengertinya "I don't like pink" tidak lucu memang namun buat saya yang baru saja membicarakan warna rumah sekitar pemilik status YM tersebut yang berwarna pink membuat saya tersenyum.

Dan dari semuanya....pemenang status YM dalam firendlist saya hari ini datang dari teman SMA saya dengan status andalannya yaitu..."zzz zzzzz zzz"

Apa status YM anda?

--------------------------------------------------------------------
Gambar dari http://pro.corbis.com

Semua status yang saya kutip di atas adalah sepenuhnya milik teman-teman saya di YM. Segala mengkopian dan peniruan harus dengan izin yang bersangkutan :)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home