Márta 25, 2004

Blogku sebagai sumber data penelitian?...no way jose

Saya mengenal blog sejak kira-kira tahun 2002, ketika membaca review blogger di Majalah Info Komputer. Kalau nggak salah ingat blogger itu awalnya ditujukan untuk orang yang memindahkan diarinya dari bentuk hardcopy (buku) ke dalam bentuk web. Blog atau blogger cukup revelosioner juga sih, karena menambah warna fasilitas internet di kalangan umum, selain e-mail dan chatting.

Ngeblog atau blogging sudah menjadi kebiasaan baru para netters, kata "ngeblog" sama umumnya dengan kalimat "cek imel" atau "ngechat" dan rata-rata orang sudah mahfum apa yang dimaksud dengan kata2 itu. Fungsi blog pada umumnya walaupun masih mirip dengan diari di web tapi sedikit banyak telah bergeser, ga melulu curhatan dari hati tapi juga beragam tema bisa ditemukan di sana. Pertanyaannya sekarang, dapatkan blog menjadi sumber data bagi sebuah penelitian? Kalau blog menjadi objek penelitian saya rasa mungkin-mungkin saja, tetapi bila menjadi sumber data? nah itulah yang harus dipertanyakan....atau mungkin "diperjuangkan" kah???

Blog menurut pengamatan saya di Indonesia terbagi atas dua aliran berbeda berdasarkan isi yang dimuatnya yaitu : "me and the world" serta the "world and me". Untuk tipe pertama atau "me and the world" isi blognya ga jauh dari apa yang terjadi pada dirinya sehari-hari dan orang-orang ini adalah tipikal diari minded sekali, sesuai dengan apa yang dimaksudkan pada fungsi awal blog diciptakan. Sedangkan tipe kedua atau "the world and me" lebih luas lagi sudut pandang yang dipakai dalam meramaikan isi blognya, bisa saja selain dirinya (biasanya sangat minim) lebih suka mengisi postingannya dengan fakta-fakta yang ada di sekelilingnya, baik itu fakta sejarah atau kebiasaan-kebiasaan unik dalam masyarakat tempat tinggalnya.

Nah..dari dua jenis blog di atas kira-kira menurut saya yang dapat dijadikan sumber data penelitian? Sebelum melangkah lebih lanjut untuk menjawab pertanyaan itu saya bertanya-tanya, kira-kira apa yang disebut sumber data penelitian dan apa sih syarat-syaratnya? Saya terus terang agak bingung karena ketika kuliah dulu saya ambil program nonskrip, selain kuliah Metodologi Penelitian hanya membuahkan huruf "C". Saya rasa banyak yang sanggup menjawab apa itu data...apalagi yang sedang menghadapi thesis atau skripisnya, saya mah cuman kelas pekerja jadi maaf yah kalau jawabnya agak rancu. Data menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah :keterangan yang benar dan nyata:, jadi bila ada tulisan yang tidak benar dan tidak nyata ya bukan data dong, seingat saya dulu pas kuliah informasi adalah kumpulan data data.

Baiklah, singkatnya untuk menjadi sebuah sumber valid sebuah blog harus memiliki informasi yang benar dan nyata. Lalu jenis blog yang manakah dapat menjadi sumber memadai bagi penelitian?...hmm agak sulit memang tetapi antara jenis "me and the world" dan 'the wold and me" saya rasa jadi tidak masalah apabila antara dua jenis blog itu memuat informasi dari kumpulan data sesaui dengan definis KBBI tadi.

Jadi bagaimana dong membuat blog yang sesuai (maksudnya mau buat blog yang datanya bisa utk penelitian nih...jieeeh). Mau nggak mau sepertinya saya harus bersusah susah sedikit membaca-baca buku referensi untuk menguatkan data di blog, dan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya bila tidak ingin dibilang tidak valid. Kayaknya repot yah? padahal khan awalnya saya mau ngeblog untuk refreshing dan mengurangi kepenatan saya dengan blogging..



Sepertinya setelah saya fikir-fikir nggak jadi deh menyebrang dan merubah blog tercinta ini menjadi jenis "the world and me", jadi buat teman-teman yang biasa mampir ke sini jangan harap akan melihat perubahan dalam postingan saya....maklum ya :)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home