Samhain 18, 2003

"Perpustakaan untuk Bloggers"

Banyak bloggers yang bertanya, ngapain tuh kerjanya? setelah mendengar profesi saya sebagai pustakawan atau bahasa Inggrisnya librarian. Nggak bisa disalahkan memang apabila banyak dari mereka yang bertanya-tanya tentang profesi satu ini, selain memang jarang, walaupun untuk tingkat Jakarta pada setiap tingkat walikota memiliki perpustakaan umumnya masing-masing, kebanyakan pustakawan yang tertanam di benak orang adalah orang dengan kemoceng ditangannya.



Tersinggung nggak? Yaa sebenaranya nggak juga sih soalanya ketika dulu awal awal kuliah saya juga sama geapanya dengan mereka sekarang tentang pustakawan, maklum aja dulu masuk Jurusan Ilmu Perpustakaan bukan pilihan yang pertama. Nah sekarang setalah lulus dan bekerja di bidang perustakaan tentunya saya tahu sebenarnya apa sih pustakawan itu?

Tahu tidak untuk ruangan yang banyak orang kira sebagai gudang, atau tempat ngerumpi atau bahkan pacaran (karena sepi) telah berkembang jauuuh bersamaan dengan sejarah tulis menulis manusia. Perpustakaan juga berkembang sesuai dengan peradaban sekitarnya jadi kalau bloggers orang Indonesia merasa tidak mengenal perpustakaan dan pustakawan maka wajar saja karena peradaban para bloggers Indonesia masih lebih memilih kantin daripada perpustakaan, tul khan?

Coba lihatdeh apa kata Richard Krzys tentang perpustakaan :

"Jika sebuah pesawat ruang angkasa telah ditempatkan di atas wilayah Tigris, Eprat, dan Nil selama lebih dari lima ratus tahun dan diarahkan untuk mengamati perpustakaan maka penginterpretasi data akan melihat banyak perubahan penting. Tablet tanah liat dari Mesopotamia dan gulungan papyrus dari Mesir telah membuka jalan bagi parchmen dan codex berabad-abad kemudian dan lalu menuju kepada bentuk mikro dan pita komputer. Bangunan-bangunan tempat menyimpan rekaman bibliografis ini kemudian berubah dari kumpulan arsip penting menjadi koleksi pribadi yang sederhana dan berlanjut menjadi perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan umum, perpustakaan akademis, perpustakaan sekolah dan perpustakaan khusus. Akhirnya, cakupan pemakai koleksi ini juga diperluas dari hanya beberapa orang pendeta, kaum bangsawan, dan penulis; sampai mencakup para pelajar peneliti, dan warga negara biasa dalam jumlah besar."

Emm..ya begitu deh, perpustakaan berkembang sesuai kebutuhan masyarakat sekitarnya....itu kalo butuh, kalo ndak ya jangan harap anda mengerti fungsi sebenarnya perpustakaan.

Naah untuk bloggers mania sebenarnya perpustakaan bisa menjadi sumber inspirasi yang tidak terbatas loh, bayangkan saja beribu-ribu buku dari disiplin ilmu dari “bagaimana cara menulis” sampai “mutual friends : for dummies” InsyaAllah ada di sana. Jadi kalo lagi kekeringan ide dalam ngeblog datangi aja perpustakaan, kalo punya laptop bawa sekilan, kalo ga punya ya bawa catatan agar ide-ide yang didapat bisa langsung di catat, kalo mungkin bahkan bisa langsung di publish.

Para bloggers mungkin bertanya, dimana bisa menemukan perpustakaan? Yang jelas untuk sementara ini bloggers nggak akan bisa menemukan perpustakaan di mall-mall apalagi di sogo jongkok (contohnya itu tuh di sebelahnya landmark). Di luar negeri biasanya tersedia perpustakaan umum yang memadai, disana bloggers bisa menemukan koleksi-koleksi yang menarik, Apa? Pengunjung yang "menarik"?...hayaah *mukul jidat* sensitif amat sih dgn kata "menarik".

Tapi untuk bloggers yang tinggal di Indonesia kayaknya agak sulit ya menemukan perpustakaan umum yang lumayan, memang ada sih perpustakaan daerah tapi nyatanya sering tidak memadai. Jadi saran saya nih sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia perpustakaan, bloggers cari ajah perpustakaan perguruan tinggi karena mereka lebih kualified, apalagi kalau di dekat tempat tinggal bloggers ada perpustakaan perguruan tinggi negeri waah lebih bagus tuh soalnya mereka sedikit lebih konsern sama mahluk perpustakaan ini. Kalo perpustakaan umum, mungkin bloggers yang tinggal di Jakarta bisa mencoba perpustakaan British Council di Wijaya Center depan Senayan itu loh. Dan kalo mau iseng-iseng, jalan sedikit mampir ke pusat kebudayaan Jepang di gedung sebelahnya dan liat-liat koleksi perpustakaannya

Terus kalo udeh nemuin perpustakaan yang dimaksud bagaimana dong? Nah ini dia, jangankan bloggers, bahkan untuk ukuran sarjana aja kadang nggak ngerti cara make tuh perpustakaan. Satu tips buat bloggers, untuk datang ke perpustakaan nggak perlu "harus tahu" apa yang mau dicari loh, bloggers boleh kok datang dan liat-liat apabila ada yang menarik ambil aja, bukan......bukan ambil jadi milik tapi ambill untuk dibaca tauuuk.

Di perpustakaan yang kecil mungkin bloggers ga bingung dan pusing mencari koleksi, langsung aja ke ruangan koleksi dan liat-liat koleksi yang ada, tapi kalau perpustakaan tersebut punya puluhan ribu bahkan ratusan ribu koleksi, memangnya mau ampe gempor tuh kaki. Makannya, jgn malu-malu untuk bertanya, biasanya bloggers akan dikasih tahu untuk searching lewat database perpustakaan. Dari situ kalo udeh nemuin yang dicari bisa minta tolong ama staff perpustakaan untuk ditunjukin letak koleksinya, atau bahkan minta tolong diambilin.....dari situ, selanjutnya terserah anda deh :)

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home