Márta 03, 2008

...mind your library, people

Apa jadinya bila setiap orang ditanya buku apa yang paling mewakili kota anda tinggal, apakah Wiro Sableng? tentu saja bila anda lahir dari keluarga menengah ke bawah di tahun 80-an akan memilih antara lain buku tersebut. Atau mungkin bila anda lahir pada sau dekade sebelumnya maka tentu saja buku-buku bertajuk Si Gua dari Buta Hantu....(terasa ada yang aneh dari judul itu kan?) dan semacamnya lebih mewakiliki bukan?

Lalu berjalan sedikit lagi, anda bertemu pada sekelompok ibu-ibu berusia antara 30-45 tahunan apa yang mungkin mereka jawab untuk pertanyaan buku apa yang paling mewakili kota anda N.H. Dini? La Rose? atau...siapa?....bisakah anda menebaknya?

Lalu bila anda sedang membangun perpustakaan di kota anda dan ingin menjadikan perpustakaan anda lebih dikenal oleh masyarakat sekitarnya maka apa yang akan anda lakukan dari dua paragraf di atas?....tidak tahu atau anda sudah tahu?

Baiklah, sebaiknya anda belajar dari penduduk Kota Kansas dan perpustakaan milik mereka. Sebelum akhirnya gedung perpustakaan umum Kota Kansas direnovasi warganya di beri semacam kuisioner mengenai buku-buku apa yang menurut mereka paling mewakili Kota Kansas. Lalu muncullah judul-judul seperti "Lord of The Rings" dan "Romeo And Julliet".

The Kansas Library on the other hand, like other American city libraries, is likely to be regarded as an educational institution in its own right and an asset, worthy of city pride. Not forgetting that educational institutions in the US are big business, I would hazard a guess that city residents would have some pride invested in their city having a big library, it shows an educated population, and an educated population must have been able to afford college, so Kansas City must be a prosperous place indeed, well worth investing in. So they pick great works, because they represent learning and achievement better than books you could pick up at the checkout line at Wal-Mart.

Perpustakaan Umum Kota Kansas seperti umumnya perpustakaan di AS dianggap sebagi istitusi pendidikan yang berdiri sendiri dan patut dibanggakan kotanya. Tanpa melupakan perpustakaan di AS adalah bukan bisnis ece-ece, Saya kira warganya akan sangat bangga kota mereka memiliki perpustaan yang besar karena artinya memperlihatkan warga kota tersebut yang berpendidikan, dan warga yang berpendidikan artinya mampu mencicipi bangku kuliah, Jadi Kota Kansas pastulah tempat yang sangat makmur. Karena itu mereka memilih rancangan yang hebat (untuk perpustakaannya) karena mewakili pembelajaran dan pencapaian yang mana lebih dari hanya buku-buku yang bisa anda temukan di depan kasir Giant atau Carrefour... begitu kurang lebih terjemahan paragraf sebelumnya.

Ya masyarakat Kota Kansas membangun perpustakaan dengan cata yang mungkin paling unik di dunia. Saya bicara apa sih? perhatikan saja foto-foto di bawah ini maka anda akan mengerti apa yang saya maksudkan.








Sumber
The Ministry of Type : Books in Buildings in Books
Perpustakaan Umum Kota Kansas
Foto-Foto diambil dari sini
Can You Spot The Library?



0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home