Iúil 30, 2003

Bahan makanan yang dimasak/disiapkan rumah tangga untuk konsumsi selama seminggu di Indonesia mengalami perubahan. Diantaranya, beras menurun dari 2,138 Kg/kapita pada tahun 1996, menjadi 1,991 tahun 1999, dan 1,924 tahun 2002 . Sementara itu konsumsi Tempe untuk kurun waktu yang sama terus menunjukkan peningkatan, dari 0,113 Kg/kapita pada tahun 1996, menjadi 0,130 tahun 1999, dan 0,159 tahun 2002. (BPS, Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Indonesia 2002)....(dari BPS.go.id)

....ck ck ck, ternyata tempe naek daun euy!! tapi saya yakin bukan karena sadar kadar gizinya yang lumayan tinggi tapi ekonomi yang semakin berat. Ga usah dikasih tau juga semua orang dah tau (apalagi ibu2) kalo daging semakin mahal, tempe aja dah lumayan untuk orang kebanyakan.

Jadi inget salah satu makanan fave, tempe bacem. Tempe satu ini paling sedaap dipasangin ama sayur asem dan sambel terasi. Tapi juga enak kalo lagi iseng di cocolin ke sambel terasi sambil nonton TV or baca buku. Tempe Bacem beda dengan tempe biasa, buat yang ga tau aja ya saya kasih info, makanan ini rasanya manis-manis gurih (gurih sebenarnya tergantung yang buat, kalo lagi flu biasanya terasa semakin gurih), bentuknya tebel terus kalo di makan empuk2 gitu deh. Makanya enaknya dikasih sambel karena kalo manis doang bisa eneg.

Tempe yang juga enak adalah mendoan naaaah yang ini ni, cukup cabe ijo ga usah ada sambel or sayur asem. Tapi harus pas lagi anget-angetnya kalo udeh dingin bakal meletot-letot, udeh ga asik lagi makannya. Tempe mendoan yang enak bisa dibeli di RS Gatot Subroto samping parkit motor (ga tau kalo sekarang). Mendoan tuh yang masak musti bisa, soalnya mendoan dalamnya setengah mateng luarnya mateng....susah loh, saya pernah coba walhasil yang didapat bukannya mendoan malah tempe goreng bakar.

Masih ada hubungannya dengan tempe, adalah oreg. Nah loh, tau nggak oreg? itu tempe yang di potong panjang kecil-kecil terus dioseng-oseng campur sambel, lebih toub lagi kalo ditambah teri. Tempe oreg pasangannya ikan pindang/asin, sama sayur terong, dimakan di warteg sambil angkat satu kaki.

Ajaibnya tempe juga bisa ditemuin di luar dapur, mental tempe bisa ada di mana aja tapi lebih umum bisa ditemukan di pos2 ronda yang saban 5 taun berubah jadi posko salah satu partai 5 besar pada pemilu lalu. Pemuda yang kerjanya nogkrong2 maen gitar padahal jam2 segitu orang lain lagi sibuk2nya nyari uang, ga tau apa kalo harga daging dah naek??!!...harga diri musti ikut naeeek dooong

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home