Bealtaine 07, 2007

Pada Sebuah Bayang : 6 Tahun Ngeblog



Mencintai angin harus menjadi siup
Mencintai air harus menjadi ricik
Mencintai gunung harus menjadi terjal
Mencintai api harus menjadi jilat
Mencintai cakrawala harus menebas jarak

Mencintaimu harus menjelma aku
(Sapardi Djoko Damono)

Juni ini tidak dirasa sudah sekitar enam tahun sudah saya eksis dalam dunia blogging. Paling tidak, seingat saya, sejak 2001 ketika artikel tentang blog dibahas dalam majalah Info Komputer awal mula saya aktif menulis di blogspot.

Terlepas di mana saya menyalurkan kegemaran menulis blog, baik blogspot maupun multiply, toh dua benda itu hanya “alat” yang pentingkan isinya. Hanya saja pertanyaannya yang menghantui saya ketika menulis adalah apakah yang membaca tulisan-tulisan saya dapat menikmati isinya?

Memang, pernah saya mengatakan pada seorang teman bahwa saya menulis karena suka saja, tulis apa yang saya rasakan dan paling enggan menulis dengan outline apalagi menulis berdasarkan pesanan orang lain. Lebih memilih tulisan mengalir begitu saja, dan ini menjelaskan kenapa begitu banyak tulisan-tulisan yang tidak (akan) pernah usai dalam hardisk, kadang sayapun kaget juga pada akhir atau ending tulisan saya.

Jadi untuk apa saya menulis? Itu pertanyaannya teman. Ya, untuk kepuasan pribadi saya itu jawabannya. Namun tak urung saya terjebak juga pada perkataan dia bahwa menulis bukan saja untuk diri sendiri namun juga untuk yang membaca, pernyataan yang akhirnya menjebak saya pada sebuah pertanyaan....apakah anda yang sedang membaca tulisan-tulisan saya menikmati isinya?

Saya bukan penulis profesional, hanya kelas teri di dunia perbloggan, bahkan blog sayapun tidak sehebat blog buatan Enda Nasution atau Atta Negeri Senja yang keduanya sangat inspiratif bagi yang membaca. Tapi di tahun ke-enam ini...tentunya saya berhak bertanya seperti apa yang saya tulis dalam paragraf sebelumnya, bukan begitu bukan?

Jadi, seperti yang saya ambil dari sebuah bekas web milik “guru disain template” saya adalah :

"Mungkin ada dariku nan menggugah bagimu
barangkali ada darimu nan menyinari diriku
ataukah kita sudah, lagi-lagi, membuang waktu?"

BTW : Buruan sebelum kehabisan, bagi yang sempat silahkan mampir ke MP Book Point Kemang sedang ada bazar buku dengan diskon sampai dengan 50%...buku2nya yang dijual lumayan menarik.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home